Minggu, 20 November 2011

Kasih Jalan Buat Ilmu

how! ---> sapaan orang-orang Apache.. artinya "hai"

Hari ini, pagi-pagi kawan saja datang dengan senyumnya yang ceria.. umurnya 2 atau 3 tahun diatas saya...sekitar 24 tahun lah.. *sayakepaksabohong :)
Kawan saya ini hebat... pemirsa.. dia bisa melakukan banyak jenis pekerjaan A.K.A "multitalented", kasarnya dari masak sampai benerin motor, dari pasang instalasi listrik sampe desain kaos.. dari nge-rakit komputer sampai diskusi akidah dia siap!... setiap ketemu dia, pasti ada hal yang bisa saya pelajari.

Bukan saya mau memuji-muji, ini memang kenyataan.. minimal saya ngomongin kebaikan orang lain la yaa..
buanyak kawan saya yang multitalented, tapi kawan saya yang ini adalah salah satu yang terbaik.

Hari ini saya banyak bertukar pikiran dengan dia.. jujur saja, saya-pun seorang yang multitalented, bukan sombong.. ini cenderung curhat..:)
saya bisa main gitar, saya bisa bikin majalah, saya bisa bikin keramik, desain sepatu, bimbel, ngajar, bisa gambar, desain, main drum, bikin web, bisa kerja di perusahaan, bisa bikin usaha, bisa masak pisang kremes, bisa naik vespa, bisa bikin kamu marah, dan bisa bikin jatuh cinta... *eits.

Sekali lagi, ini bukan sombong.. ini curhat..:) hehehe..

Kawan saya berujar, "saya ini orangnya ga percaya-an sama orang, jadi segala kerjaan mesti saya coba dulu".
hei!.. lihat dia mengungkapkan kekurangannya!.. sisi negatif yang melahirkan kemauan belajar!

tutor saya "Pidi Baiq" juga pernah cerita hal serupa saat dulu mengajar saya... "saya ini orangnya penakut, jadi selalu ketakutan kalau-kalau apa saja bisa terjadi" ujar dia.. Alhasil dia mempersiapkan semuanya dengan matang agar supaya ketakutannya tidak terjadi. Pun bila ketakutannya tidak terjadi, dia tidak merasa rugi karena telah bersiap diri.

Balik lagi ya ke kawan saya, begini...
Dia saat ini sedang bekerja di sebuah perusahaan ternama, sayangnya kondisi perusahaan ini sedang krisis, beberapa rekan kerjanya telah lebih dulu mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.. tebak, siapa yg menjadi tumpuan perusahaan? ya jelas dia lah... hampir segala pekerjaan operasional dipegangnya.

Karena saya menghargai kemampuan yang dimilikinya, maka saya mencoba memancing dengan bertanya.. "coy, kenapa ga buka usaha sendiri aja sih bray?" (anggap aja namanya "coybray" ..hahayy). "lu kan mampu banget bikin usaha sendiri..?!" gitu tanya saya.

"Ada yang masih ganjel di hati.." ujarnya seraya menyalakan rokok..
"Ap4 tuuccch..?? asm4ra eea4a?" tanya saya alay..
"hahahahaha...bukan laah" jawab dia sambil jijik liatin saya..
"saya ingin melihat perusahaan ini jadi besar, dan bos saya sukses.. " lanjutnya kemudian sambil tersenyum..

saya terdiam sejenak....

duajenak...

saya lalu menurunkan jari kelingking saya yang semula jemping.. saya ga mau banci2an lagi.. capek, kelingking jadi cepet kram..:))

Setahu saya, dan yang saya rasakan juga, orang dengan bakat multitalented itu egonya tinggi, merasa bisa melakukan semuanya sendiri, asik sendiri, dan jarang yang bertahan lama dibawah pimpinan orang lain.. kecuali kalau udah berkeluarga, itu beda cerita.

Saya menemukan ketulusannya dalam bekerja, menyerahkan semua kemampuan supermultitalented-nya untuk membela orang banyak di perusahaan itu. anda bisa bayangkan.. orang dengan segudang keahlian, begitu tulus nge-rem semua passion-nya demi orang lain..

coba kalo orang ini punya usaha sendiri.. dijamin sukses! orangnya pinter, ramah, mau bagi-bagi ilmu, dan yang paling penting, masih sangat mau belajar dan bertanya!

*angkatjempol!

Makin dewasa, makin besar tembok yang kita bangun. makin rapat saringan yang kita bikin, makin sulit ilmu masuk, dan makin segan orang memberi ilmu. alhasil ?! definisi-in aja sendiri.. kan udah dewasa..:)

jawabannya.. buka hati, buka kepala, kasih jalan buat cahaya ilmu, ilmu itu juga rezeki kan?! orang tua aja sampe bela-belain ga makan demi kita bisa belajar baca... inget? (hampir aja gw nulis "Right?") <----- hahahaha.... kalo ga ngerti, follow @ipphoright yah..:)
kalo udah ngerasa ga perlu nerima ilmu, itu baru namanya somse.. rejeki dateng ko ditolak..

Eits.. siapa itu ribut-ribut di mesjid?
oh... Adzan Maghrib buat area rumah saya..
sori ya.. saya tinggal dulu.. nyokap suka manyun kalo saya cuek sama Adzan..:))

sampai jumpa lagi.. coybray!















Tidak ada komentar:

Posting Komentar